Friday 29 January 2016

Manfaat Minum Air Tebu untuk Kesehatan Ibu hamil

Tebu (bahasa Inggris: sugar cane) adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun. Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatra.
Untuk pembuatan gula, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu, nira atau air perasan tebu tersebut disaring, dimasak, dan diputihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu tersebut akan dihasilkan gula 5%, ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air.
Daun tebu yang kering (dalam bahasa Jawa, dadhok) adalah biomassa yang mempunyai nilai kalori cukup tinggi. Ibu-ibu di pedesaan sering memakai dadhok itu sebagai bahan bakar untuk memasak; selain menghemat minyak tanah yang makin mahal, bahan bakar ini juga cepat panas.
Dalam konversi energi pabrik gula, daun tebu dan juga ampas batang tebu digunakan untuk bahan bakar boiler, yang uapnya digunakan untuk proses produksi dan pembangkit listrik.
Di beberapa daerah air perasan tebu sering dijadikan minuman segar pelepas lelah, air perasan tebu cukup baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menambah glukosa. salah satu tempat yang menjual es tebu yatu di seputaran Jember.

 Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat untuk ibu hamil, salah satunya adalah larangan meminum air tebu saat hamil. Mitos tersebut mengatakan bahwa, jika minum air tebu saat hamil akan membuat bayi yang dilahirkan mempunyai banyak bulu. Namun, pernyataan tersebut sangatlah berbeda dengan fakta dari medis. Pasalnya, air tebu merupakan minuman gula yang menyegarkan, dimana kandungan air gula ini justru dianjurkan untuk ibu hamil.
 
Manfaat air tebuAir tebu merupakan sumber minuman yang kaya akan kandungan nutrisinya, karena di dalamnya terdapat sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 dan vitamin C. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan fitonutrien lain seperti serat larut, antioksidan, protein dan kandungan mineral. Berkat semua kandungan yang dimiliknya, membuat air tebu mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil.
1.    Energi Instan
Kandungan gula yang terdapat di dalam air tebu dipercaya dapat memberikan energi instan bagi para ibu hamil.
2.    Indeks Glikemik Rendah
Walaupun di dalamnya terdapat kandungan kadar gula yang cukup tinggi, namun minuman ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena berisikan kandungan gula alami dengan indeks glikemik rendah.
3.    Sumber Protein
Kandungan protein di dalamnya sangat dibutuhkan oleh setiap ibu hamil sehingga dapat dijadikan sebagai minuman alternatif berprotein tinggi.
4.    Sumber Antioksidan
Air tebu mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang terdiri dari flavonoid dan senyawa fenolik yang dibutuhkan agar terhindar dari peradangan dan alergi.
5.    Melancarkan Sistem Pencernaan
Masalah pada sistem pencernaan merupakan gangguan yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi segelas air tebu setiap hari agar sistem pencernaan menjadi lancar.
 Walaupun air tebu mempunyai manfaat bagi kesehatan ibu hamil, tetapi sebelum mengkonsumsinya secara teratur konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena tidak semua ibu hamil mempunyai kondisi tubuh yang sama

0 komentar

Post a Comment