Friday 29 January 2016

Manfaat dan khasiat Susu Kambing Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Susu kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi[butuh rujukan], susu kambing pun biasanya dikonsumsi sekadarnya saja, atau lebih karena susu ini dianggap mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit[butuh rujukan]. Susu kambing rata-rata banyak dikonsumsi di Timur Tengah sejak 7000 SM[butuh rujukan]. Padahal, susu kambing memiliki protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI[butuh rujukan]. Susu kambing terbaik adalah susu yang segar (raw goat milk). susu kambing memiliki aroma yang khas bau prengus, yang disebabkan oleh asam kaproat dalam susu kambing, namun bau ini dapat di kurangi dengan memberikan pakan tambahan seperti akar som jawa.



Sesuai dengan namanya, susu kambing merupakan susu yang dihasilkan dari kambing betina setelah melahirkan. Dalam jangka waktu 1 hingga 3 hari setelah melahirkan, kambing betina dapat menghasilkan susu kolostrum yang kaya akan kandungan nutrisi.

Manfaat susu kambing

Walaupun susu kambing belum seberapa populer jika dibandingkan dengan susu sapi, namun susu kambing juga mempunyai kualitas yang tinggi yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin seperti protein, laktosa, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, vitamin C dan vitamin D. Oleh karena itu, susu kambing juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
1.    Menyehatkan Jantung
Selain berolahraga secara teratur, mengkonsumsi susu kambing secara teratur juga dapat menyehatkan organ jantung. Hal itu disebabkan karena di dalamnya terdapat kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkan peredaran darah, menstabilkan tekanan darah dan dapat mengurangi stroke.
2.    Menguatkan Tulang
Susu ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral salah satunya adalah kandungan kalsium yang berperan untuk membentuk tulang, menguatkan tulang dan dapat mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, kandungan vitamin B2 di dalamnya berguna untuk menambah energi.
3.    Melancarkan Sistem Pencernaan
Sifat alkali yang dimiliki oleh susu kambing berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat menyehatkan organ pencernaan dan mencegah sembelit.
4.    Menurunkan Berat Badan
Kandungan protein di dalamnya dapat membantu mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat. Mengkonsumsinya setelah makan adalah pilihan yang tepat karena dapat membantu tubuh untuk membakar lemak lebih cepat.
Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan

0 komentar

Post a Comment