Thursday 28 January 2016

manfaat Daun Encok bagi kesehatan

plumbago zeylanica benefits, plumbago zeylanica chemical constituents, piper longum, plumbago zeylanica pdf, terminalia chebula, plumbagin plumbago zeylanica toxicity, plumbago zeylanica medicinal uses

Nama latin : Plumbago zeylanica
Nama Lain : Ki Encok, kareka, oporio
Deskripsi : Tanaman perdu tahunan, tinggi kurang lebih 2 m. Daun tunggal, tersusun berselang-seling di batang. Tepi rata, permukaan licin. Ukuran daun panjang 3—7 cm, lebar 2—3 cm.    Warna hijau
Khasiat : Obat encok dan penihg
Kandungan: Saponin, flavonoid, dan polifenol.
Cara : Kurang lebih 15 gram daun segar ditambah satu sendok makan kapur ditumbuk hingga lumat, lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit

Daun encok (Plumbago zeylanica L) termasuk kedalam keluarga Plumbaginaceae. Ciri dari daun encok yaitu rasanya yang pahit, bersifat tonik serta beracun. Daun encok bermanfaat bagi kesehatan, mengobati rematik, mengatasi sakit kepala, mengobati sakit pinggang.


Daun Encok

 Apakah anda pernah mendengar daun encok?. Mungkin hanya sebagian dari kita yang mengenal daun encok. Daun encok merupakan tumbuhan dari keluarga Plumbaginaceae dan mempunyai nama ilmiah Plumbago zeylanica L. Dalam daun encok terkandung zat yang bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional yaitu droserone, chitranone, plumbagin, 3-chloroplum, 3-3-biplumbagin. Rasanya yang pahit, bersifat tonik serta beracun merupakan ciri dari daun encok.

 Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan


1. Obat sakit pinggang
  Daun encok mempunyai senyawa yang baik untuk meredakan sakit pada bagian pinggang. Senyawa dalam daun encok ini mengembalikan kondisi pinggang menjadi normal kembali terbebas dari penyakit pinggang.

 Bahan : 15 gram daun encok segar
            1 sendok makan kapur sirih

 Caranya : cuci terlebih dahulu daun encok segar sampai bersih. Setelah itu daun encok tersebut ditumbuk hingga halus serta campurkan kapur sirih dan aduk rata. Balurkan ramuan dari daun encok tersebut pada bagian pinggang yang sakit secara merata selama 20 menit lalu cuci bersih. Ulangi secara teratur dengan cara yang sama.

2. Obat sakit kepala
 Senyawa dalam daun encok juga mampu mengatasi masalah sakit kepala. Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang membuat kepala jadi pusing. Sakit kepala ini banyak sekali faktor penyebabnya mulai dari berfikir terlalu keras, kena hujan atau lainnya.

 Bahan : Daun encok secukupnya
            Minyak kelapa secukupnya

 Caranya : Daun encok pertama-tama dicuci bersih. Setelah itu dipipis serta campurkan minyak kelapa dan aduk hingga seperti adonan kue. Balurkan ramuan daun encok tersebut pada bagian pelipis secara merata dan biarkan selama ½ jam. Setelah itu cuci bersih.

3. Obat kusta
 Penyakit kusta adalah salah satu penyakit dimana terjadi luka lalu terinfeksi oleh bakteri. Penyakit kusta ini harus segera mungkin diatasi karena berbahaya. Tanaman daun encok bisa menjadi alternative untuk mengatasi masalah tersebut karena senyawa dalam tanaman ini akan membunuh bakteri penyebab kusta tersebut.

 Bahan : Akar daun encok secukupnya
            Susu murni
            Air

 Caranya : Cuci bersih akar daun encok kemudian tumbuk sampai halus. Jika sudah benar-benar halus lalu tambahkan susu serta air dan aduk sampai membentuk seperti pasta. Gunakan ramuan tersebut untuk dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami penyakit kusta secara merata. Setelah 30 menit buang dan bersihkan.

4. Melancarkan buang air kecil
 Jika mengalami masalah dengan buang air kecil yaitu sakit atau tersendat bisa diobati menggunakan ramuan dari daun encok. Ramuan daun encok akan mengembalikan buang air kecil kembali normal.

 Bahan : Daun encok
              Adas pulosari

 Caranya : Daun encok serta adas pulosari dicuci bersih masing-masing ½ genggam. Selanjutnya kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Balurkan ramuan tersebut pada bagian bawah perut tepatnya pada tempat kandung kemih secara merata selama ½ jam. Bersihkan dengan air sampai bersih.

Perhatian :
1. Pengobatan dilakukan hanya sebagai obat luar
2. Pengobatan tidak boleh lebih dari 30 menit sebab bisa terjadi melepuh
3. Wanita hamil dilarang menggunakan ramuan daun encok
4. Bila terjadi masalah pada kulit segera cuci dengan asam borat

 
Ternyata Manfaat Daun Encok sangat banyak bagi kesehatan. Usahakan jika ingin memanfaatkan daun encok harus dibawah pengawasan yang sudah ahli

0 komentar

Post a Comment